Messerschmitt Bf 109: Pelahir Ace Terbesar

Tangan Wilhelm “Willy” Emil Messerschmitt, seorang anak pedagang anggur yang dilahirkan 26 Juni 1898 di Frankfurt-am-Main, Jerman, mungkin memang 'sesakti' para perancang pesawat legendaris lainnya. Terbukti bahwa Bf 109 rancangannya menjadi pesawat tempur tersohor dari Jerman yang disegani oleh kekuatan udara mana pun dalam era PD II. Tak heran bila selain pesawat rancangannya yang tak pernah dilupakan orang, namanya pun menjadi legenda hingga kini. Padahal sebenarnya Willy tak pernah mengira kalau dirinya di suatu saat akan merancang pesawat tempur, apalagi pesawatnya mewujud menyerupai armagedon PD II. Sebelumnya selepas kuliah di Institut Teknologi Munich, ia lebih tertarik membuat glider dan pesawat transpor ringan.
Bila kemudian Bf 109 diproduksi hingga jumlah 33.000 buah yang menjadikannya kedua terbanyak dibuat setelah I1-2 Strurmovik dari Soviet dan tersebar di banyak negara, tentu itu bukan 'kesalahan' Willy. Messerschmitt 109 memang hebat, hingga akhirnya ia mendapat julukan si mesin pembunuh.
Dengan kehebatan Bf 109 itu pula akhirnya lahir acei terbesar sepanjang masa, yakni Erich Hartmann, yang mampu merontokkan pesawat musuh di udara hingga 352 buah!.




Sumber: Majalah Angkasa


0 comments: