Morane Saulnier L (1914)

Ada perdebatan di kalangan sejarawan pesawat tempur, yang mana sebenarnya pesawat tempur pertama di dunia. Sebagian menyebut Bleriot yang terbang tahun 1911 itu atau Morane-Saulnier l yang diterbangkan Rolland Garros dua tahun kemudian. Sejumlah argumen bermunculan. Tahun 1911 memang cukup banyak pesawat yang diterbangkan oleh penerbang militer guna menjalankan misi militer tentunya. Tetapi pada dasarnya pesawat yang diterbangkan para penerbang militer itu adalah pesawat terbang sipil, bukan pesawat tempur. Pesawat tempur pertama adalah Morane-Saulnier L yang baru muncul belakangan.

Sejak awal pesawat-pesawat Morane-Saulnier sudah didesain untuk kepentingan militer. Satu yag terkenal adalah Morane-Saulnier L yang bersenjata Hotchkiss delapan milimeter. Pesawat ini, demikian juga pesawat Morane-Saulnier lain, merupakan karya desain Rolland Garros, bapak pilot tempur dunia itu.

Dunia penerbangan militer menyebut Morane-Saulnier L ini sebagai MS 3. Desainnya cukup sederhana. Awalnya merupakan pesawat berkursi ganda yang berfungsi sebagai pesawat intai, tetapi kemudian untuk memenuhi tugas sebagai pesawat tempur dibuatkan versi kursi tunggalnya. Masih dengan sayap tunggal yang ditempatkan di atas badan pesawat, MS 3 bermesin Gnome atau Le Rhoce bertenaga 80-110 dk menjadi pesawat yang mampu terbang cepat dengan manuver yang baik. Bahkan dalam beberapa hal mampu mengungguli pesawat Jerman yang terkenal berkecapatan tinggi. Itulah sebabnya, mengapa MS 3 beralih fungsi dari pesawat intai menjadi pesawat penyerang.

Sumber: Majalah Angkasa



0 comments: