Nieuport 11 Bebe (1915)

Dari generasi ke generasi bentuk pesawat-pesawat Nieuport tak banyak mengalami perubahan. Pesawat-pesawat Nieuport umumnya dibuat bersayap ganda dengan sayap bawah lebih kecil dari yang atas. Adalah Gustave Delage yang mendesain semua pesawat buatan Nieuport. Bekerja di Nieuport sejak Januari 1914 Delage mampu melambungkan nama Nieuport dan dirinya lewat Nieuport 11. Sebenarnya pesawat tempur pertama Delage adalah Nieuport 10 berkursi ganda. Pada prakteknya tipe 10 lebih banyak dipakai sebagai pesawat intai bersenjata senapan mesin. Tipe 11 merupakan pengembangan tipe 10. Pada tipe 11, Delage menempatkan senapan mesin tepat di atas kursi pilot.

Pada akhir tahun 1915, Nieuport memodifikasi tipe 11 menjadi tipe 16 dan 17. Sepintas bentuk kedua pesawat itu masih mirip. Desain sayap masih. Perbedaannya antara lain pada dimensi, desain dan penempatan sayap ekor pesawat, juga pada daya mesin pesawat. Tipe 11 menggunakan mesin L Rhone 9C bertenaga 80 dk, sementara tipe 17 mesin L Rhone 9J bertenaga 110-120 dk. Daya mesin yang lebih besar dipasang pada tipe 17 bis. Dengan mesin yang lebih bertenaga itu Nieuport 17 mampu terbang pada kecepatan 176 kilometer per jam sejauh 300 kilometer.

Selama PD I berlangsung, Nieuport 11 bebe dan Nieuport 17 bersenjata senapan mesin yang bekerja berdasar putaran mesin itu telah menjadi pesawat tempur Sekutu yang bisa diandalkan. :)

Sumber: Majalah Angkasa



0 comments: