Radiasi dalam Bahasa Sehari-hari 1

Radiasi memang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia, karenanya penting bagi kita untuk mengetahui apa itu radiasi. Pemahaman radiasi yang akan dipaparkan disini berasal dari terjemahan sebuah buku yang dikarang oleh BJORN WAHLSTORM berjudul “Radiation in everyday language” dan diterjemahkan oleh BADAN TENAGA ATOM NASIONAL. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat luas terhadap apa yang dinamakan radiasi tanpa bermaksud di luar atau melebihi itu semua. Semoga bermanfaat ... :y

RADIASI dalam Bahasa Sehari-hari

Empat Juta Triliun Atom dalam Tubuh

“Sejauh menyangkut radioaktivitas suatu zat, hanya struktur intilah yang penting. Radioaktivitas suatu zat terletak pada inti. Sifat-sifat kimiawi tergantung pada elektron.”

Secara alami, di dalam tubuh kita terdapat polonium radioaktif dan radium radioaktif. Pengertian radioaktif itu sendiri adalah sifat dari sesuatu zat yang dapat memancarkan sinar radiasi karena kondisi zat itu yang tidak stabil. Otot-otot kita mengandung karbon radioaktif dan kalium radioaktif, dan dalam paru-paru kita terdapat gas mulia radioaktif dan tritium. Zat-zat ini dan banyak zat lainnya secara terus menerus memancarkan radiasi dan menyinari tubuh kita dari dalam. Selain itu, kita terkena sinar radiasi dari dalam oleh semua zat radioaktif alam dan buatan yang kita makan dan minum setiap hari.

Setiap waktu, kita juga terkena radiasi dari bumi dan angkasa. Disamping itu, tetapi jarang terjadi, kita menerimanya lewat zat-zat radioaktif yang dikeluarkan ke atmosfer melalui ledakan-ledakan nuklir dan lepasan dari pusat tenaga termal/panas. Baik pembangkit tenaga nuklir maupun pembangkit listrik yang menggunakan batubara, gambut, minyak atau gas mengeluarkan sejumlah zat radioaktif ke lingkungan. Sebagian dari dosis radiasi yang dihirup setiap hari berasal dari bahan-bahan bangunan rumah kita, dan terutama dari gas radon radioaktif yang ada di setiap rumah.

Rumah kita mungkin juga mengandung zat radioaktif yang kita bawa ke dalam rumah. Zat tersebut digunakan pada jarum penunjuk arloji/lempeng jam yang berpijar, tombol listrik dan kompas yang berpijar dalam gelap. Zat tersebut juga digunakan dalam detektor asap, lensa kamera yang mahal dan ornamen-ornamen porselen tertentu. Layar TV kita pun mengeluarkan radiasi.

Kesehatan kita dilindungi oleh radiasi. Kadang-kadang kita menjalani pemeriksaan dengan sinar-X dan mammografi. Dokter gigi kemungkinan memutuskan untuk menyinari gigi kita dengan sinar-X. Kadang-kadang pengobatan dan pemeriksaan medik memerlukan zat-zat radioaktif yang disuntikkan ke dalam tubuh kita. Penyakit kanker kadang-kadang diobati dengan sinar-X atau unit telekobal (disebut juga bom kobal).

Terjemahan buku BJORN WAHLSTORM “Radiation in everyday language”
Oleh: BADAN TENAGA ATOM NASIONAL

0 comments: