Ultah ke-63, TNI AU Pamer Sukhoi Terbaru


TNI AU merayakan hari jadinya yang ke-63. Acara ini dimeriahkan dengan manuver aerobatic solo pesawat tempur SU-30MK2 Sukhoi.

Pesawat SU-30MK2 merupakan pesawat tempur terbaru yang dimiliki oleh TNI AU. Pesawat itu bermarkas di skuadron udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar.



Peringatan HUT TNI AU ke-63 berlangsung di Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Rabu (15/4/2009). Bertindak sebagai inspektur upacara KSAU Marsekal Subandrio.

Dalam amanat Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso yang dibacakan oleh Soebandrio, seharusnya peringatan hari jadi TNI AU dilaksanakan pada 9 April. Namun karena berbarengan dengan Pemilu Legislatif, acara diundur.

Menurut Djoko, diundurnya pelaksanaan HUT TNI AU menunjukkan kesadaran moral yang tinggi untuk mendahulukan kepentingan nasional di atas segala-galanya.

"Yang kedua, menunjukkan komitmen jajaran TNI termasuk TNI AU untuk mengamankan dan mensukseskan Pemilu 2009, berikut segala agenda dan hasil-hasilnya," ujar Djoko seperti yang diucapkan Subandrio.

Peringatan Ultah TNI AU diikuti 1.520 prajurit TNI AU. Acara manuver aerobatic solo pesawat tempur SU-30 MK2 Sukhoi hanya berlangsung 5 menit. Pesawat menanjak dengan kemiringan 60 derajat.

Pesawat dipiloti oleh Letkol Pnb Widyargo 'redbee' Ikoputra dan Mayor Pnb M Tonny 'racoon' Haryono.


www.detiknews.com

0 comments: